Yuk Intip Cara Penggunaan Konektor Jack Canon Sebagai Berikut

Sebagian orang mungkin sibuk mencari jenis dan series konektor jack canon atau kabel XLR terbaik dengan harga yang terjangkau. Padahal, anda perlu memahami cara penggunaan alat dengan tepat untuk memaksimalkan fungsinya. Berikut informasi terkait cara penggunaan kabel XLR yang bisa anda praktikkan.

Cara Penggunaan Konektor Jack Canon

Cara Tepat Menyambungkan Kabel Balanced XLR

Kabel XLR pada dasarnya memiliki fungsi sebagai penghubung input masukan microphone dan penghubung mixer profesional. Untuk itu, penggunaan alat ini perlu dilakukan secara runtut agar tidak terdapat masalah saat digunakan. Terlebih lagi pemasangan ini tergolong tak mudah karena keberadaan perangkat audio yang terkadang kurang kompatibel.

Ketika melakukan pemasangan, anda perlu memperhatikan konektor balanced XLR yang dihubungkan pada bagian stereo. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah letakkan badan, ground dan api dengan tepat. Selanjutnya, lucuti kabel dengan memotong bagian konektor secara hati-hati. Anda bahkan sangat disarankan untuk menggunakan pisau ketika melakukan tahapan ini.

Lazimnya, konektor jack canon memiliki 3 kabel atau 4 kabel dengan warna merah, biru atau hijau tergantung series yang anda gunakan. Warna-warna ini terkadang memiliki saluran yang berbeda berdasarkan seriesnya. Namun, pilihlah kabel secara tepat dengan memilih warna merah yang berlapis tembaga.

Setelah itu, lakukan pemasangan dengan cara menyelipkan konektor ke kabel yang sudah dipilih. Bungkuslah kawat yang sesuai dengan konektor lalu kencangkan dengan sekrup. Jika sudah terpasang, pastikan tidak ada kabel yang terselip atau menonjol. Anda juga bisa melapisi tiap kawat dengan isolasi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Langkah-Langkah Menyambukan Ke Kabel Microphone

Sebagai input masukan dari microphone, anda tentu perlu menyambungkan kabel ke microphone setelah menyambungkan kabel balanced XLR. Sayangnya, pemasangan kabel yang kurang tepat seringkali dapat menimbulkan masalah berupa suara berisik atau tidak menyala ketika mic dipegang. Padahal, anda membutuhkan suara yang lebih keras dari alat ini.

Untuk itu, cobalah lakukan penyambungan jack canon konektor dengan membuka bagian kabel untuk mendapatkan bagian intinya. Setelah itu, bukalah bagian jack female dengan cara memutar bagian body penutupnya. Sambungkan kabel dan solder dengan cara menentukan fungsi dari setiap kontak dengan melihat angka female body mic.

Angka 1 umumnya dijadikan pertanda ground, angka 2 adalah hold dan angka 3 untuk cold. Hubungkan setiap nomor tersebut dengan kabel yang tepat lalu pasang kembali body penutup pada konektor XLR yang anda miliki. Jika anda bingung dengan pasangan setiap kontak, Avometer dapat dijadikan sebagai pembantu alat pengecekan.

Dengan memahami penggunaan atau pemasangan alat ini, anda dijamin bisa memaksimalkan fungsi kabel XLR yang dimiliki. Tentu saja, Goshen Swara Indonesia adalah rekomendasi terbaik jika anda membutuhkan alat ini. Menariknya lagi, jasa ini menyediakan jasa konsultasi jika anda masih bingung terhadap produk yang dibutuhkan.